Tuesday 2 August 2016

Cara Memperbaiki HP Nokia Kartu SIM Tidak Terbaca

Hp apapun besar maupun kecil, baik mahal maupun murah semua pasti memiliki resiko kerusakan, dan jenis kerusakannyapun berbeda – beda tentunya. Seperti salah satu produk yang sering kali bermasala pada slot SIM adalah ponsel pabrikan asal kanada NOKIA. Meski ponsel yang sejak dulu sering disanjung – sanjung karena karena beberapa hal yang membesarkan namanya seperti kamera yang jernih, ponsel java terlaris dan sebagainya. Tetap saja ponsel ini memiliki kekurangan. Salah satu masalah yang sering kita jumpai pada ponsel jenis ini adala kartu SIM yang tidak terbaca di HP nokia.

Apabila anda memiliki hp nokia yang tidak bisa membaca kartu SIM, permasalahan yang umum terjadi pada jenis ponsel ini adalah pada slot sim card yaitu pada jalur pada slot pembaca SIM yang bermasalah sehingga tidak dapat mendeteksi adanya SIM yang terpasang. Lalu apa sih solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut? Bisa dibilang cara ini gampang – gampang susah, karena hanya beberapa orang saja yang mungkin memahami cara semacam ini. Namun anda tidak perlu khawatir karena yang pasti semua masalah pasti ada solusi untuk mengatasinya bukan?

SIM tidak terbaca
  • Tanpa harus mengganti motherboard pada hp anda sebenarnya anda cukup melakukan metode jumper jalur SIM jika anda sudah mengetaui skema jalur SIM card pada ponsel yang akan anda perbaiki. Metode jumper sendiri adala metode mengubah jalur, dengan kata lain kita membuat jalur baru dari jalur yang sudah ada. Biasanya cara ini dilakukan dengan cara membuang capasitor dan resistor yang sudah ada dan memperpendek jalur SIM.
  • Kesalahan biasanya bukan hanya terletak pada slot SIM saja, karena selain mencoba langkah pertama ada baiknya jika anda mengecek juga kondisi SIM card yang anda gunakan, cobalah untuk melepas SIM dari ponsel dan membersihkan bagian kuning pada SIM dengan penghapus atau dengan bahan karet lainnya, kemudian baru anda pasangkan kembali.
  • Langkah terakhir yang paling tepat anda lakukan jika kedua cara diatas dirasa cukup menyulitkan anda, anda bisa langsung saja membawanya ke tukang servis hp langganan anda agar dapat proses lebih lanjut.
Itulah sedikit saran untuk memperbaiki HP nokia SIM tidak terbaca.  Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya dirumah.

0 komentar: