Saturday 11 November 2017

23 Cara Menghemat Batrai HP Agar Tidak Boros

Cara menghemat batrai hp/smartphone- Batrai yang digunakan di dalam smartphone ada kalanya dapat/cepat habis. Namun, itu semua tergantung pemakaian dan kondisi batrai smartphone anda. Menghemat batrai smartphone merupakan cara agar batrai smartphone tidak cepat habis. Menghemat batrai dapat dilakukan dengan berbagai cara. mau tahu caranya? simak penjelasan berikus

23 Cara menghemat batrai hp/smartphone agar tidak cepat habis
1). Gunakan Wallpaper warna gelap
Selain terlihat lebih keren, wallpaper warna gelap juga dapat menghemat batrai smartphone. ini dikarenakan wallpaper gelap dapat mengurangi konsumsi daya batrai yang dilakukan oleh layar. Pilihlah wallpaper yang dominan gelap dan sesuaikan dengan selera anda.

2). Turunkan kecerahan layar 
menurunkan kecerahan layar dapat menghemat batrai hingga 50%. karena semakin rendah kecerahan layar, maka semakin sedikit batrai yang terkuras. Menurunkan kecerahan layar juga dapat mencegah mata cepat lelah lohh.. Aturlah kecerahan layar pada tingkat yang paling rendah.

3). Atur Waktu tidur Smartphone
mengatur waktu tidur smartphone ternyata juga membantu menghemat batrai smartphone. smartphone yang sedang tidak digunakan akan automatis mati, sehingga mengurangi konsumsi daya batrai. Aturlah waktu tidur android di 15/30 detik. Caranya, Pengaturan-Tampilan-Tidur-atur menjadi 15/30 detik.


4). Matikan Bluetooth,GPS dan Wifi jika tidak digunakan
Walaupun Bluetooth,GPS dan Wifi sedang tidak digunakan, ia akan terus  mencari sinyal.  sehingga hal tersebut tentu akan membuat batrai boros. Jika bluetooth, GPS dan wifi sedang tidak digunakan, sebaiknya matikan saja ketiga opsi tersebut. 

5). Jangan memakai live wallpaper
Menggunakan live wallpaper dapat menguras batrai, karena live wallpaper juga akan berjalan di latar belakang. sehingga batrai sedikit demi sedikit akan terkuras. Gunakanlah wallpaper yang biasa saja dan berwarna gelap agar batrai smartphone tidak cepat habis


6). Matikan data saat tidak digunakan
data internet akan terus menerus berjalan di latar belakang walaupun smartphone dalam keadaan tidur. Sehingga hal ini dapat menguras batrai dan paket internet juga. Apabila anda aktif ber-sosmed atau lainya, mungkin opsi ini tidak harus dilakukan.


7). Matikan auto rotation
mematikan auto rotation juga termasuk cara menghemat batrai agar tidak cepat habis. karena mematikan auto rotation dapat membuat prosessor tidak terbebani. selain itu anda juga tidak akan terganggu karena layar yang terus terotasi.


8). Tutup aplikasi yang tidak terpakai
Memencet tombol home saat keluar dari aplikasi merupakan hal yang salah. Karena aplikasi tetap akan berjalan di latar belakang. Nah itulah penyebab aplikasi tidak tertutup secara sempurna. Aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut akan meguras batrai secara diam diam. oleh karena itu gunakanlah tombol back saat ingin keluar aplikasi.


9). Matikan fitur kecerahan automatis
Menggunakan fitur kecerahan automatis dapat membuat batrai smartphone menjadi terkuras. Itu dikarenakan kecerahan layar akan otomatis  berubah ubah. sehingga hal tersebut dapat membebani prosessor dan layar smartphone.


10). Jangan sampai smartphone menjadi panas
Saat smartphone kita panas, batrai akan 2x lebih cepat terkuras. Saat smartphone kita sudah panas, matikan dan letakkan smartphone di tempat yang bersehu normal. hati hati juga karena smartphone yang terlalu panas bisa meledak.



11). Matikan flash saat menggunakan kamera
Menggunakan flash saat merekam atau memotret dapat menguras batrai. Bahkan bisa membuat smartphone anda menjadi panas. untuk itu, matikan saja flash saat memotret dan merekam.


12). Gunakanlah earphone atau wereless speaker saat mendengarkan musik
Saat mendengarkan musik, aplikasi musik tersebut dan speaker akan menguras batrai smartphone anda. apalagi jika volume suara diperbesar, pasti batrai akan semakin terkuras. untuk itu gunakanlah earphone atau wireless smartphone agar menghemat batrai smartphone anda.


13). Yang hp nya smartfren. Matikan smartphone saat perjalanan atau di tas
dalam beberapa kasus, hp smartfren yang berkisar harga 1jt akan kadang panas saat perjalanan atau di tas. sehingga batrai akan cepat terkuras karena panas tersebut. oleh karena itu matikan saja smartphone saat diperjalanan atau sedang tidak digunakan. Anda juga dapat melakukan langkah ini meskipun hp anda tidak smartfren

14). Aktifkan mode pesawat 
Mengaktifkan mode pesawat merupakan cara menghemat barai smartphone. Karena, pengkonsumsi daya batrai terbesar adalah sinyal. Jika anda mengaktifkan mode pesawat, maka batrai smartphone akan jauh lebih awet.


15). Kurangi widget di layar home
widget di layar home juga dapat mengras batrai karena widget ternyata berjalan di latar belakang ponsel. Sehingga hal tersebut dapat membebani prosessor. Oleh karena itu gunakanlah sedikit widget di layar home, misalnya Jam dan Google penelusuran


16). Matikan fitur OK google
fitur ok google memang terlihat canggih. namun, fitur ini akan terus berjalan di latar belakang smartphone. Sehingga hal tersebut juga akan mengurangi daya smartphone. bila perlu matikan fitur ok google ini. Namun saya saranin tidak usah, karena daya yang dikuras hanya sedikit.


17). Gunakan fitur penghemat daya android 5.0+
Pada smartphone dengan versi android 5.0 atau lebih, akan ada fitur penghemat daya. Fitur tersebut dapat menghemat daya hingga 50% loh. Fitu ini memiliki ciri khas yaitu bar notifikasi di bagian atas  akan berwarna orange.

18). Matikan Opsi getaran
Getaran di ponsel berasal dari dinamo kecil yang diberi beban. Nah, saat getaran itu aktif, maka akan memerlukan daya batrai. walaupun kecil, dinamo yang terus berputar akan menguras batrai. Dengan demikian, matikan fitur getar pada keyboard smartphone.


19). Aktifkan mode silent/tidak ada suara dan getaran
seperti yang kita tahu bahwa suara dan getaran dapat membuat batrai smartphone terkuras. Oleh karena itu aktifkan saja mode silent agar batrai menjadi hemat.


20). Nonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak berguna
Menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak berguna dapat menghemat batrai. Mengapa? karena aplikasi bawaan yang tidak berguna akan berjalan di latar belakang. sehingga dapat menguras batrai smartphone. Karena aplikasi bawaan tidak bisa dihapus, maka jalan terbaiknya yaitu menonaktifkanya.


21). Download aplikasi Greenify (membutuhkan ROOT)
Grennify adalah aplikasi untuk menghemat batrai. Aplikasi ini sudah sangat terkenal karena dapat menghemat batrai smartphone. Aplikasi ini menghibernasikan aplikasi lain yang boros. Jadi smartphone anda akan super hemat.


22). Download aplikasi penghemat daya
Aplikasi penghemat batrai dapat menutup aplikasi di latar belakang. Sehingga batrai jadi lebih hemat. Oleh karena itu, aplikasi penghemat batrai sangat dianjurkan untuk diinstal. Namun, gunakanlah 1 saja aplikasi penghemat batrai. Jika berlebihan, smartphone anda akan menjadi lemot. anda dapat mendownload du battery saver sebagai aplikasi penghemat daya disini

23). Matikan fitur sinkronisasi automatis
menonaktifkan fitur sinkronisasi dapat membuat batrai anda hemat. Anda dapat menonaktifkan sinkronisasi automatis ini dengan cara berikut. Masuk ke pengaturan-akun-(pilih akun)-hilangkan tanda centang pada sinkronisasi automatis.
Baca Juga

Nah, itulah 23 cara agar batrai hp/smartphone tidak cepat habis. Jika anda menginginkan agar batrai super hemat, lakukan 23 cara diatas. semoga ulasan diatas dapat membantu anda mengatasi masalah anda.

0 komentar: