Sunday 19 June 2016

Cara Menghilangkan Stress Secara Alami

http://sh.st/Dz1PB


1. Keluarlah Sejenak , Hirup Udara Segar, dan Lihat Pemandangan

Saat anda dilanda stres maka langkah awal yang harus segera anda lakukan adalah dengan meninggalkan ruang, tempat, dan melepaskan kenatan anda sejenak untuk mencari udara segar seketika itu pula. Hal itu mampu menenangkan diri anda dari tekanan permasalahan yang mampu menggunjang kestabilan mental dan jiwa anda. Temukan tempat dengan udara yang segar dan memiliki pemandangan indah. Jika beban permasalahan masih mendera maka dipagi harinya anda bisa mencoba berjalan-jalan di pagi hari temukan tempat yang sejuk dan memiliki pemandangan indah namun terdapat sinar matahari pagi. Menurut penelitian ternyata saat tubuh terkena matahari pagi akan meningkatkan produksi vitamin D yang amna kan berdampak pula meningkatkan produksi hormon Serotonin dimana hormon ini juga dikenal sebagai hormon “Bahagia“, dengan demikian anda akan merasa lebih baik.

2. Manjakan diri Dengan Mandi atau Berendam

Cara menghilangkan stres selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan air. Sudah sejak lama diyakini bahwa air memiliki efek yang sangat baik untuk penyembuhan maupun penenangan diri. Saat sesorang berada dalam air pikiran akan merasa tenang dan tubuh juga merasa sangat nyaman. Hal ini tentunya tak terlepas dari stimulus suasana mengingatkan tubuh dan fikiran pada keadaan kita saat dalam rahim dimana kita merasa sangat nyaman dan disayangi. Selain itu efek air sendiri memang memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh. Lakukan mandi atau berendam dengan air hangat di bathub. Jika tidak ada maka lakukan mandi dengan air hangat dan guyur dengan air secara perlahan sembari nikmati setiap basuhan air di tubuh anda. Rasakan kenyamanan tersebut sehingga anda terlupa dari bebagai kepenatan masalah anda.


3. Lakukan Olahraga yang Anda Gemari

“Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, mungkin pribahasa yang satu ini sangat cocok sebagai kiasan. Olahraga selain baik bagi kesehatan tubuh juga sangat baik untuk kesehatan jiwa. Saat anda dilanda stres maka olahraga merupakan salah satu kegiatan yang bisa dijadikan pilihan untuk mengatasinya. Saat berolahraga tubuh kita juga meningkatkan produksi hormon Endorphin, yaitu hormon yang mampu memberi ketenangan bagi pikiran. Apalagi olahraga yang dilakukan merupakan olahraga kesukaan anda.

4. Tenangkan Diri dan Bayangkan Tempat yang Indah Serta Nyaman

Jika dalam keadaan stres tetapi anda tidak mampu meninggalkan ruangan kerja untuk sekedar mencari udara segar maka anda bisa mencoba untuk menenangkan diri dan mengatasinya dengan imajinasi. Kita hanya perlu membayangkan tempat yang nyaman dan indah seperti pemandangan laut, pantai, langit biru, gunung, perbukitan, atau suasana yang anda sukai. Cara mengatasi stres yang satu ini memang cukup sederhana namun memiliki dampak yang cukup baik bagi pikiran agar tidak terlalu tegang.

5. Meditasi maupun Yoga

Meditasi maupun yoga sudah lama dikenal sebagai kegiatan yang sangat baik dalam mengontrol emosi dan pikiran. Banyak pakar yang mengakui dampak dari meditasi dan yoga sangat baik bagi kondisi jiwa seseorang. Bahkan menurut hasil penelitian melakukan meditasi selama 15 menit sudah menyamai kebugaran tubuh saat melakukan olahraga selama 1 jam, apalagi bagi pikiran. Apabila stres yang menerpa anda dirasa semakin berat maaka adabaiknya melakukan meditasi secara rutin. Demikian halnya dengan yoga, menatasi stres dengan yoga cukup dilakukan 5 menit saja dengan teknik membuka diri dan melepaskan beban di pundak, dada, dan pikiran.

6. Bicara dan Berbagi (curhat) Dengan Teman, Sahabat, atau Kerabat

Stres biasanya disebabkan karena pikiran terbebani dengan masalah yang dihadapi. Semakin besar beban masalah yang ditanggung seseorang maka kecenderungan untuk semakin stres akan meningkat. Maka dari itu berbicara dan berbagi cerita seputar permasalahan dengan seseorang memiliki dampak yang signifikan dalam mengatasi stres. Bahkan menurut penelitian orang yang tertutup memiliki presentasi lebih besar mudah mengalami stres dari orang yang membuka diri dan sering berbicara dan berbagi permasalahan dengan orang lain. Selain itu berbagi cerita atau curhat dengan teman mungkin akan memberikan kemungkinan anda mendapat solusi dari permasalahan tersebut, meskipun tidak ada solusi minimal beban anda sedikit berkurang dan terbagi. Hal ini tentu saja dianggap sebagai cara menghilangkan stres yang cukup manjur dan patut dicoba.

7. Berhubungan Intim dengan Pasangan


Tips terakhir cara mengatasi stres ini hanya dianjurkan bagi mereka yang sudah berumah tangga. Cara ini merupakan cara unik namun terbukti mampu menekan kadar stres seseorang yaitu dengan berhubungan dengan pasangan yaitu suami atau istri masing-masing. Mendatangi pasangan saat stres bisa dilakukan dengan berbagi cerita dan ditutup dengan hubungan mesra. Sudah bukan rahasia lagi bahwa sesuatu yang menyenangkan merupakan lawan dari stres. Bukan itu saja, hubungan intim juga mampu meredam kemarahan seseorang, so silahkan melakukan cara menghilangkan stres ini dengan pasangan resmi anda.

0 komentar: