Thursday 6 June 2013

TRIK JUMPER IC ATAU EMIF SIMCARD NOKIA X2-01 (KASUS MASUKKAN KARTU ATAU INSERT SIMCARD)


Trik :
  • Sebelum Anda mengganti ic tersebut, coba liat sekitar area ini,,, ada tidak korosi atau bekas masuk air. coba bersihkan dulu. sebelum mengganti, atau perhatikan ke 6 pin tempat kartu, apakah tidak ada yang patah atau rusak. harap teliti agar gak salah eksekusi.
  • Jika Anda punya ic atau emif simcard, sebaiknya Anda ganti aja, gak usah di jumper. sebab emif atau ic merupakan pembatas ke ic power agar jika terjadi koslet atau masuk air, tidak langsung merusak ic power. jika Anda menjumpernya kemungkinan ada koslet dikemudian hari pasti ic power akan jebol. tapi sukur selama ini juga gak terjadi.
  • Hampir semua trik jumper di atas mewakili semua jenis hp nokia, cara jumpernya sama tetapi posisinya aja berbeda. sebab ic atau emif simcard nokia semua sama "khusus hp nokia type terbaru" kalau nokia yang udah lama, ukuran ic-nya agak besar selisi 1 mm.
  • Sebaiknya sebelum melakukan hal semua di atas, mohon perhatikan kondisi hp,,, biasa terjadi short pada resistor, hingga mengganggu kinerja ic simcard, ketelitian seorang teknisi merupakan nilai lebih.
* catatan : tidak ada teknisi yang hebat, yang ada teknisi yang teliti dan punya banyak pengalaman dan dasar yang kuat dalam pengukuran. saat ini banyak teknisi yang menggunakan feeling, raba, logika kerja hp, itu gak salah, biasa juga merekalah yang justru terlatih untuk teliti dalam mengecek kerusakan hp.

Semoga bermanfaat kawan DSP :)
Ingat jadilah teknisi yang jujur.............

0 komentar: